Selasa, 01 Desember 2015

Pembahasan Streamline,Streakline, Pathlaine, dan Streamtube

Kali ini saya akan sedikit menjelaskan dari apa yang saya dapat dari perkuliahaan saya, yaitu mengenai perihal pergerakan dari suatu elemen fluida dalam tinjauan partikel-partikel yang di antaranya :
  1.  Streamline
  2.  Streakline
  3.  Pathlaine dan
  4.  Streamtube

Pertama Streamline
Streamline adalah garis yang tangensial pada setiap titik pada kecepatan dan pada waktu
tertentu dengan syarat tidak perpotongan satu samalainya.
Adapun sekema gambar sederhananya.
 
persamaan-persamaan
dx= u dt,
dy= v dt, dan
dz= w dt

Streakline adalah garis yang menghubungkan semua partikel yang telah melewati posisi
euler yang benar dan tepat,dimana partikel dari elemen fluida tersebut semua melalui
satu titik yang sama.
Adapun sekema gambar sederhananya.
Gambar t0 Gambar t1 Gambar t2 Gambar t3

T disini di umpamakan merupakan pergerakan dari satuan waktu.

Pathline adalah garis jejak/jejak partikel sebagai fungsi waktu.
Pathline juga dapat dikatakan garis yang dilalui pertikel terentu dalam suatu periode.
Dan untuk partikel ini bergerak seiring waktu.
Streamtube ini merupakan gabungan dari ketiga yang saya jabarkan di atas,
adapun dari gambar sederhananya.
Daftar Pustaka:
  1. Dari mata kuliah mekanika fluida 
  2. https://teachingfluids.wordpress.com/2013/12/16/visualizing-streak-lines-path-lines-and-streamlines-with-lots-of-ping-pong-balls
Sekian dari saya semoga bermanfaat, mohon maaf jikalau ada kata-kata yang salah dan ada pengertian yang kurang tepat :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar